Sabtu, 12 Mei 2012

Agenda Pelepasan IMA 2012
MA. Mambaus Sholihin Gresik


Imtihanul Amali (IMA) adalah ujian tugas akhir bagi siswa kelas XII Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin (MAMS) untuk mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakat, khususnya dalam praktek belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah dan menjadi pengurus pondok selama satu tahun.
Menyadari sedalam–dalamnya bahwa hakikat Pembangunan Nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan manusia Indonesia seluruhnya. Hal ini berarti bahwa pembangunan itu tidak hanya mengejar lahiriyah saja atau kepuasan batiniyah semata, melainkan keselarasan dan keseimbangan antara keduanya.
Oleh karena itu, segala usaha pembangunan harus dijiwai, digerakkkan dan dikendalikan oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. dan dilaksanakan penuh kebersamaan dengan melibatkan semua potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di berbagai lembaga sosial kemasyarakatan termasuk di lembaga sosial pondok pesantren.
Keberadaan pondok pesantren yang bergerak di bidang pendidikan mempunyai peranan yang sangat besar dalam menentukan keberhasilan pembangunan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kualitas Pondok Pesantren harus selalu ditingkatkan seiring dengan kemajuan zaman. Sehingga dihasilkan kader–kader bangsa yang mampu tampil ambil bagian dalam sejarah perjuangan bangsa dan mempunyai bobot pengaruh besar dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara.
Dari data statistik Pondok Pesantren Mambaus Sholihin, bahwa 70 % para alumnus santri/siswa kelas XII Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin berprofesi sebagai muallimin atau muallimat (Guru TPQ, TK, MI,  MTs dan MA) dan 10 % sebagai Dosen di berbagai Perguruan Tinggi. Dalam proses ke arah pertumbuhan tingkat yang lebih baik para alumnus merasakan adanya kendala dan tantangan yang bervariasi. Mulai dari sikap, semangat dan orientasi berfikir dalam pengabdian diri.

0 comments :