Sabtu, 13 Oktober 2012


SELAYANG PANDANG HAFLAH ALFIYAH 2011

LATAR  BELAKANG
Kegiatan yang berbau islami merupakan suatu tradisi yang perlu untuk dikembangkan dan dilestarikan.  Salah satu bentuk kegiatan ini adalah hifdzul alfiyah, yang mana telah diselenggarakan oleh Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin. Hal ini merupakan kegiatan yang juga menjadi rutinitas pondok pesantren. Maka seyogyanya Madrasah juga punya andil dalam ikut serta meningkatkan keilmuan santri dengan mengadakan audisi.
Madrasah dalam memegang amanah tidak melepaskan apa yang menjadi ciri kepribadian pondok pesantren, karena kurikulum tetap yang telah dilaksanakan oleh pesantren tidak bisa untuk dipisahkan. Hal ini erat kaitannya dengan prinsip Ulama’ salafus sholeh yang selalu memegang teguh kepada para Masyayikhnya yaitu “ almuhaafadzah ‘ala qodiimish sholeh wal akhdzu bil jadidil ashlah “ . bentuk prinsip inilah yang perlu untuk dipertahankan dan dikembangkan sepanjang zamannya. Namun upaya-upaya yang dilakukan oleh pesantran saat ini dipandang kurang dengan terlihat adanya rendahnya kualitas santri dalam mendalami ilmu-ilmu agama terutama ilmu alat, shorof dan lain sebagainya. Banyak sekali sebab yang menjadikan minat santri menjadi terkikis, diantaranya ialah kurangnya kepedulian belajar terhadap pentingnya ilmu agama, model berprinsip dan landasan berfikir yang tidak sesuai dengan warna pesantren, pengaruh lingkungan yang sejalan dengan gejolak perubahan zaman, dan banyak lainnya.

Oleh karenanya, tradisi para ulama dalam model belajarnya perlu untuk ditiru, karena justru konsep lama inilah jika mau untuk diteliti dan ditelaah secara implisit maka rahasia-rahasia keberhasilan akan segera ditemukan. Ini merupakan pekerjaan berat yang perlu dilaksanakan oleh setiap pesantren di seluruh wilayah daerah Indonesia terlebih Khususnya Pondok Pesantren Mambaus Sholihin.
Inilah yang menjadi ujung keinginan mengapa Panitia perlu mengadakan audisi alfiyah. Dengan harapan semoga santri mempunyai bekal ilmu alat yang sempurna guna untuk kebutuhan memahami ilmu-ilmu agama. Amin…!!!
PENGERTIAN
Haflah Khotmil Alfiyah adalah Perayaan ungkapan syukur yang dilakukan atas selesainya kegiatan audisi alfiyah. Devinisi haflah selain dikatakan sebagai perayaan juga mempunyai makna “ tasyakkur”. Hal ini sangat identik karena inti pemahamannya sama. Haflah khotmil alfiyah ini merupakan suatu tradisi pesantren yang selalu dikembangkan dan dipertahankan. Ini adalah bentuk perayaan para santri yang ikut serta dalam mengikuti audisi alfiyah sebagai ungkapan rasa kegembiraan bersama.

DASAR PEMIKIRAN
Hal yang menjadi landasan dasar pemikiran dalam mengadakan haflah khotmil alfiyah ini adalah sebagai berikut;
a.       Dalam usaha meningkatkan prestasi santri, Madrasah Aliyah bertanggung jawab dalam merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan kemampuan dan keterampilan siswa/i-nya.
b.      Siswa/I yang berada di Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik dituntut untuk dapat membaca dan memahami kitab-kitab arab
c.       Agar Siswa/i yang dihasilkan oleh Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin Gresik benar-benar dapat menghayati dan memahami problematika dalam kitab serta mampu memecahkannya secara pragmatis, maka Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin memandang perlu melakukan audisi seleksi alfiyah
d.      Implementasi visi dan misi Pondok Pesantren Mambaus Sholihin dan Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin dapat diwujudkan melalui keterlibatan langsung dengan seluruh tenaga pendidik dan pimpinan beserta staff madrasah.
e.       Haflah Khotmil Alfiyah yang diselenggarakan pada tahun 2010, mendapat sambutan hangat dari Pihak Pimpinan Madrasah, dan telah dirasakan manfaat serta peran sertanya dalam meningkatkan kualitas kehidupan santri.

LANDASAN PELAKSANAAN
1.      Program tahunan Madrasah Aliyah yang telah ditetapkan oleh Kepala Madrasah dengan persetujuan dari Pengasuh PP. Mamba’us Sholihin
2.      Mengingat Kalender Pendidikan MA. Mamba’us Sholihin Tahun Pelajaran 2010-2011
3.      Hasil musyawarah Pimpinan dan Dewan Guru MA pada tanggal 17 Februari 2011
  
MISI
Misi Haflah Khotmil Alfiyah Ke-26 2011 Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin adalah
1.      Pembinaan dan pengembangan santri dengan melalui pemberdahayaan daya manusia
2.      Alim Sholeh Kafi

TUJUAN DAN MANFAAT
    TUJUAN
Tujuan Haflah Khotmil Alfiyah Ke-26 2011 Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin adalah;
1.      Untuk mengevaluasi hasil belajar santri selama mengikuti proses pendidikan di Madrasah Aliyah dalam dua semester (satu tahun).
2.      Untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman santri tentang keilmuan islam khas kepesantrenan.
3.      Untuk memberikan dedikasi dan penghargaan bagi para santri yang berprestasi dan berhasil selama mengikuti proses pendidikan madrasah Aliyah dengan baik.
4.   Untuk mempererat ukhuwah islamiyah antara para asatidz dan para santri dan ukhuwah islamiyah antar para santri itu sendiri.

1.6.2. MANFAAT
         Adapun manfaat dari penyelenggaraan Haflah Khotmil Alfiyah Ke-26 ini antara lain:
1.      Sebagai ajang peningkatan motivasi dan prestasi hasil belajar santri selama melakukan pendidikan di madrasah Aliyah.
2.      Sebagai ajang pencarian bakat dan penyaluran kapabilitas keilmuan santri yang diperoleh selama mengikuti pendidikan Madrasah Aliyah.
3.      Sebagai ajang penghargaan bagi santri yang berhasil dan berprestasi selama mengikuti pendidikan Madrasah Aliyah


SASARAN
Sasaran dari pada Haflah Khotmil alfiyah Ke-26 yaitu seluruh siswa/I  kelas XI Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin yang telah menghafal nadlom sebanyak 700 dan atau 1002 bait yang lolos pada tahap 1,2,3 dengan berdasarkan syarat dan ketentuan atas kriteria audisi alfiyah yang telah ditetapkan.

Enhanced by Zemanta
Reactions:

0 comments :