PROPOSAL
IMTIHANUL AMALI (IMA)
MA. MAMBAUS SHOLIHIN
Tapel. 2011/2012
A. PENDAHULUAN
A.1. Latar Belakang
Imtihanul Amali (IMA) adalah ujian amal perbuatan bagi siswa kelas XII Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin (MAMS) untuk mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakat, khususnya dalam praktek belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah dan menjadi pengurus pondok selama satu tahun.
Menyadari sedalam–dalamnya bahwa hakikat Pembangunan Nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan manusia Indonesia seluruhnya. Hal ini berarti bahwa pembangunan itu tidak hanya mengejar lahiriyah saja atau kepuasan batiniyah semata, melainkan keselarasan dan keseimbangan antara keduanya.
Oleh karena itu, segala usaha pembangunan harus dijiwai, digerakkkan dan dikendalikan oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. dan dilaksanakan penuh kebersamaan dengan melibatkan semua potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di berbagai lembaga sosial kemasyarakatan termasuk di lembaga sosial pondok pesantren.
Keberadaan pondok pesantren yang bergerak di bidang pendidikan mempunyai peranan yang sangat besar dalam menentukan keberhasilan pembangunan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kualitas Pondok Pesantren harus selalu ditingkatkan seiring dengan kemajuan zaman. Sehingga dihasilkan kader–kader bangsa yang mampu tampil ambil bagian dalam sejarah perjuangan bangsa dan mempunyai bobot pengaruh besar dalam tatanan kehidupan bermasyarakat, beragama, berbangsa dan bernegara.
Dari data statistik Pondok Pesantren Mambaus Sholihin, bahwa 70 % para alumnus santri/siswa kelas XII Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin berprofesi sebagai muallimin atau muallimat (Guru TPQ, TK, MI, MTs dan MA) dan 10 % sebagai Dosen di berbagai Perguruan Tinggi. Dalam proses ke arah pertumbuhan tingkat yang lebih baik para alumnus merasakan adanya kendala dan tantangan yang bervariasi. Mulai dari sikap, semangat dan orientasi berfikir dalam pengabdian diri.
Berangkat dari analisis dan keyakinan tersebut di atas, maka Majlis Masyayikh dan Dewan Guru Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin memutuskan perlunya diadakan pembekalan dan pengkaderan para santri/siswa kelas XII Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin melalui Imtihanul Amali (IMA). Imtihanul Amali (IMA) ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1988/1989 di lingkungan Pondok Pesantren sendiri, dan sejak tahun 1994/1995 dilaksanakan di tengah–tengah masyarakat hingga sekarang.
A.2. Maksud dan Tujuan
1. Memberikan bekal bagi santri/siswa tentang ketrampilan dalam proses belajar mengajar di Lembaga Pendidikan Formal.
2. Meningkatkan wawasan dan ketrampilan santri/siswa serta memantapkan rasa cinta tanah air sehingga tetap setia terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
3. Menciptakan media ta’aruf dan ukhuwah Islamiyah antara Pondok Pesantren dan warga masyarakat.
4. Memperdalam pengetahuan santri/siswa tentang kegunaan hasil pendidikannya terhadap problem yang dihadapi masyarakat pedesaan dan rasa tanggung jawab sehingga tumbuh saling pengertian dan saling membutuhkan satu sama lain.
5. Mendewasakan santri/siswa dalam berfikir, memantapkan percakapan dan mempertajam penalaran.
6. Memberikan latihan–latihan dan pengalaman bagi santri/siswa dalam memecahkan masalah–masalah kemasyarakatan secara langsung dan praktis sehingga menjadi jelas peranan santri dalam pengembangan masyarakat.
7. Dapat memberikan umpan balik bagi Pondok Pesantren dari peserta Imtihanul Amali (IMA) untuk menyusun sebuah strategi sehingga Pondok Pesantren Mambaus Sholihin (PPMS) mampu menyuburkan ilmiyah dengan cakrawala pemikiran yang luas.
8. Merangsang masyarakat untuk bersama-sama menuju masyarakat yang madani.
A.3. Bentuk Pengabdian
1. Pelatihan Belajar Mengajar di Lembaga Formal dan Non Formal di tempat yang telah ditentukan.
2. Berlatih untuk menjadi anggota masyarakat yang baik dan berwibawa.
3. Pelatihan kepemimpinan dengan menjadi Pengurus Pondok sesuai dengan bidangnya.
4. Pelatihan pengembangan wawasan keterampilan melalui materi yang disediakan Pondok pesantren.
A.4. Waktu dan Tempat
Imtihanul Amali (IMA) tapel. 2011/2012 akan dilaksanakan selama satu tahun dengan klasifikasi 42 hari diterjunkan di masyarakat dan selebihnya pengabdian yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Mambaus Sholihin sebagai pengurus masa bakti 2012/2013. Pelaksanaan Imtihanul Amali (IMA) tapel. 2011/2012 akan dilaksanakan mulai tanggal 10 Mei 2012 sampai dengan tanggal 19 Juni 2011 yang ditempatkan di 1 Kabupaten 4 kecamatan,yaitu kecamatan Benjeng, Duduksampeyan, Menganti dan Kedamean. Adapun nama nama Madrasah Ibtidaiyah dan desa, sebagaimana berikut :
a. Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Benjeng, Meliputi :
1. MI Irsyadul Athfal Jatirembe
2. MI Miftahur Rohman Pundut Trate
3. MI Hidayatul Ulum Purworejo Metatu
4. MI Roudlotul Ulum Metatu
5. MI Mansyaul Huda Medangan Metatu
6. MI Ma’hadut Thullab Jogodalu
7. MI Nurul Ulum Wonosari Jogodalu
8. MI Mambaul Ulum Gempol Jogodalu
9. MI Mambaul Huda Banter
10. MI Miftahul Tholibin Bareng Banter
11. MI Alkhoiriyah Wonokerto Sirnoboyo
12. MI Miftahul Huda Klampok
13. MI Hasyim Al Hadi Kedung Sekar
14. MI Nurul Ulum Bulurejo
15. MI Darul Hikmah Kedung Rukem
16. MI Darul Huda Ploso Kalipadang
17. MI Al-Islamiyah Bulang Kulon
18. MI Darussalam Balongmojo
19. SD Ma’arif NU 45 Perumbatara
b. Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Duduksampeyan, Meliputi :
1. MI Mathlabul Ulum Palebon
2. MI Da’watul Khoiriyah Tebaloan
3. MI Da’watur Rosyidin Sumari
4. MI Miftahul Ulum Gredek
5. MI Nurul Huda Samirplapan
6. MI Miftahul Jannah Duduk Sampeyan
7. MI Darul Ulum Benem
8. MI Al-Azhar Petis Benem
9. MI Roudlatul Muta’alimin Kawistowindu
10. MI Al-Ikhwan Kemudi
11. MI Mamba’ul Ulum Kramat
12. MI Infarul Ghoyyi Wadak Kidul
13. MI Miftahul Ulum Wadak Lor
14. MI Miftahul Huda Bendungan
15. MI Munawaroh Glanggang
16. MI Bahrul Ulum Kandangan
17. MI Bustanul Ulum Tumapel
18. MI Fathul Huda Gumining Tambak Rejo
19. MI Miftahul Huda Setrohadi
20. MI Tarbiyatul Shibyan Sumengko
21. MI Nasrul Umam Ambeng-ambeng
c. Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Menganti, Meliputi :
1. MI. Darul Ulum Sidojangkung
2. MI. Tarbiyatul Muta'allimin Wonokoyo
3. MI. Tarbiyatul Ulum Pengampon
4. MI. Bustanul Muta'allimin Setro
5. MI. Roudlotul Mu'allimin Laban
6. MI. Miftahul Ulum Sidowungu
7. MI. Bahrul Ulum Pengalangan
8. MI. Thoriqul Huda Randupadangan
9. MI. Nurul Huda II Glintung Kepatihan
10. MI. Nurul Huda I Kepatihan
11. MI. Plus Riyadlatul Athfal Hula'an
12. MI. Roudlotul Ulum Tlogobedah Hulaan
13. MI. Bahrul Ulum Pelemwatu
14. MI. Matholiul Falah Drancang
15. MI. Miftahul Huda Gempolkurung
16. MI. Khoirul Anam Gantang Boboh
17. MI. Tarbiyatul Hidayah Boteng
18. MI. Roudlotul Muta'allimin Putat Lor
19. MI. Roudlotul Mubtadiin Mojotengah
20. MI. Nurul Hidayah Kemorogan Pranti
21. MI.Roudlotus Shibyan Beton
22. MI. Sunan Ampel Gadingwatu
d. Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kedamean, Meliputi :
01. MI. Hidayatul Shibyan Kemuning Tunggal
02. MI. Ihyaul Ulum Miru Banyuurip
03. MI. Sunan Ampel Sidoraharjo
04. MI. Darussalam Mojowuku
05. MI. Bahrul Ulum Rayung Turirejo
06. MI. Tarbiyatul Ula Panggang Tulung
07. MI. Wali Songo Belanhanrejo
08. MI. Darul Muttaqin Ngepung
A.5. Peserta
Peserta Imtihanul Amali (IMA) Tapel. 2011/2012 adalah seluruh siswa/siswi kelas XII Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin Tapel. 2011/2012 yang berjumlah 503 siswa/siswi dengan perincian 205 (dua ratus lima) siswa dan 298 (dua ratus sembilan puluh delapan) siswi. Masing – masing kelompok berjumlah 6 - 8 (siswa/siswi).
B. NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini diberi nama IMTIHANUL AMALI SANTRI PONDOK PESANTREN MAMBAUS SHOLIHIN dengan tujuan untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah antar sesama muslim.
C. PENANGGUNG JAWAB
C.1. Penyelenggara
[[
Penyelenggara Imtihanul Amali adalah Yayasan Pondok Pesantren Mambaus Sholihin dan Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin dengan penanggung jawab Kepala Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik.
C.2. Panitia Pelaksana
Panitia pelaksana Imtihanul Amali tahun 2012 adalah Dewan Guru Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin yang telah dibentuk oleh Kepala Madrasah Aliyah Mambaus Sholihin dengan susunan panitia sebagaimana berikut :
SUSUNAN PANITIA IMTIHANUL AMALI (IMA)
MA. MAMBAUS SHOLIHIN
TAPEL. 2011/2012
Pelindung : KH. Masbuhin Faqih
(Pengasuh Pondok Pesantren)
Penanggung Jawab : H. Suhaimi Mf.
(Kepala Madrasah)
Ketua : Moh. Sa’id, S.Pd.I
Wakil : Mashun Ali, S.Pd.I
Sekretaris : 1. Abdul Fattah, S.HI
2. Arif Anwari, S.Sos.I
Bendahara : Alamul Huda, S.Pd.I
Transportasi : H. Hilaluddin, S.Ag
Khoiruz Zad, S.Pd.I
Abdul Kholiq, S.Th.I
Elmy Taufiq, S.Pd.I
Humas : Munib Baihaqi, S.HI.
Fahrur Rozi, S.Pd.I
Supervisor : H. Suhaimi MF.
H. Moh. Zainul Arifin
H. Humaidi Jazri
Ahmad Thohari, S.Pd.I
Sirojuddin, S.Pd.I
D. PROGRAM, JADWAL KEGIATAN & TATA TERTIB PESERTA
D.1. Program Kegiatan
1. Melaksanakan proses Kegiatan Belajar Mengajar yang telah ditetapkan oleh Madrasah Ibtidaiyah (MI) masing – masing.
2. Melaksanakan Kegiatan Madrasah Ibtidaiyah (MI) antara lain :
a. Mengajar TPQ (Taman Pendidikan Alqur’an)
b. Membaca sholawat Nabi Muhammad SAW. (diba’)
c. Tahlil
d. Kepramukaan
e. Kursus Bahasa Arab dan Inggris
f. Kegiatan Keagamaan lainnya.
3. Melaksanakan kegiatan kemasyarakatan dalam bidang sosial keagamaan, antara lain :
a. Kerja bakti membersihkan tempat peribadatan.
b. Mengikuti program keagamaan di Desa.
c. Mengisi pengajian – pengajian yang ada di Desa.
d. Membantu Ta’mir masjid dalam khutbah Jum’at bila diperlukan.
e. Dan lain – lain sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
4. Pelaksanaan tugas sebagai pengurus Pondok Pesantren Mambaus Sholihin sesuai dengan bidang dan tanggung jawabnya.
D.2. Jadwal Kegiatan
NO. | TANGGAL | KEGIATAN |
1. | 05 – 09 Mei 2012 | Pembekalan IMA |
2. | 10 Mei 2012 | Upacara Pemberangkatan |
3. | 10 Mei – 19 Juni 2012 | Pelaksanaan Imtihanul Amali di Lokasi |
4. | 20 Juni 2012 | Penjemputan Peserta |
5. | 20 Juni 2012 – 20 Juni 2013 | Pengabdian Sebagai Pengurus Pondok |
D.3. Tata Tertib Peserta IMA
1. Kewajiban
a. Menjaga nama baik almamater PPMS.
b. Mentaati semua peraturan Madrasah Ibtidaiyah dan masyarakat setempat, selama peraturan itu tidak melanggar syari’at Islam.
c. Melaksanakan semua program kegiatan yang telah ditentukan oleh Panitia Imtihanul Amali (IMA)
d. Membuat laporan hasil Imtihanul Amali (IMA) sesuai petunjuk pembuatan laporan yang telah ditentukan.
e. Selalu berpakaian sopan dan rapi ala santri.
2. Hak – Hak Peserta
a. Menerima piagam pengabdian sebagai syarat pengambilan STTB.
b. Mendapatkan bimbingan dan pengarahan dari Panitia, Guru pembimbing dan Kepala Madrasah dan Guru pamong setempat.
3. Larangan
a. Selama pengabdian dilarang meninggalkan tempat tanpa izin Guru pembimbing.
b. Mengadakan kunjungan ke santri putri ( bagi santri putra ) dan ke santri putra (bagi santri putri).
c. Berbuat sesuatu yang bertentangan dengan norma-norma khususnya masalah politik praktis.
d. Merokok.
e. Membawa HP.
4. Sangsi - Sangsi
Apabila peserta Imtihanul Amali (IMA) melanggar tata tertib yang telah ditentukan maka :
a. Tidak mendapatkan piagam Imtihanul Amali (IMA).
b. Tidak mendapatkan STTB Pondok Pesantren.
c. Tidak dapat diterimakan STTB MA. tahun pelajaran 2011/2012 selama 2 tahun.
E. DANA
E.1. Sumber Dana
Dana pelaksanaan Imtihanul Amali (IMA) 2011/2012 bersumber dari :
a. Kontribusi Peserta.
b. Yayasan PP. Mambaus Sholihin.
c. Berbagai pihak yang tidak mengikat.
E.2. Estimasi Dana
Sesuai dengan estimasi dan anggaran dana, pelaksanaan Imtihanul Amali 2012 ini akan menghabiskan dana sebesar Rp. 62.875.000,-.
F. DAFTAR NAMA PESERTA, MI & DESA
Peserta Imtihanul Amali (IMA) 2011/2012 berjumlah 503 siswa yang tersebar di empat kecamatan di kabupaten Gresik dengan perincian; Kecamatan Benjeng dan Duduksampeyan untuk peserta putri, serta kecamatan Menganti dan Kedamean untuk peserta putra. Adapun data nama peserta dan pembimbing sebagaimana terlampir dalam lampiran proposal.
G. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat dengan harapan kepada para Bapak/Ibu serta pihak-pihak yang terkait dapat memberikan saran dan kritik demi kesuksesan program kami di masa yang akan datang.
Suci, 18 Maret 2012
Mengetahui,
Panitia Imtihanul Amali (IMA) 2011/2012
MA. Mambaus Sholihin
Ketua Sekretaris
Moh. Sa’id, S.Pd.I Abdul Fattah, S.HI
Mengetahui,
Kepala MA. Mambaus Sholihin
H. Suhaimi MF.
0 comments :
Posting Komentar