Selasa, 14 Mei 2013

      
oleh: ust. M. Fatikh, S.Pd.
 
Selama ini matematika  adalah sebuah mapel yang  dianggap sulit yang selalu hadir dalam mimpi buruk semua orang .Tapi tidak bagi seorang guru Matematika profesor  di MA. Mambaus Sholihin, Bapak M.Fatikh S.Pd, seorang Guru kelahiran kota Pudak 29 Januari 1965 menuturkan bahwa tidak sejengkalpun kehidupan di dunia ini terlepas dari matematika,juga Alumnus UNESA Surabaya ini memaparkan bahwa ilmu matematika adalah ilmu dinamis dimana ia menyimpan lika-liku yang dapat kita temukan misteri-misteri tertentu didalamya,kecintaan beliau terhadap matematika telah tertanam  sejak kecil, sedikitpun beliau tidak pernah merasa jenuh ketika bergelut dengan matematika.Hal ini disebabkan anggapan beliau tentang matematika adalah sebuah ilmu yang asyik dan memiliki banyak inovasi yang menjalani perkembangan setiap tahunnya.
bahkan perjalanan hidup kita sehari-hari tidak lepas dari sebuah ilmu matematika.
Dewasa ini, kesulitan para siswa dalam memahami ilmu matematika semakin didukung dengan keadaan sosok guru yang tidak mempelajari matematika  dari dasar, serta penyampaian materi yang terlalu monoton juga menjadi kendala tersendiri, tapi tidak bagi seorang Bapak Fatikh, kendala tersebut tidak pernah beliau alami, buktinya siswa-siswi tetap enjoy ketika beliau menyampaikan materi.    
         Selama beliau mengajar, beliau memegang prinsip ”Saya harus bisa mentransfer ilmu saya terhadap anak didik saya”.Dan selama menjadi guru matematika tak sekalipun mengalami kegagalan membimbing peserta didiknya (peserta tidak lulus.red), Begitupun dengan tujuan awal beliau sebagai pakar matematika. Hal ini dikarenakan sistem pengajaran beliau yang tidak menuntut anak didiknya untuk  hanya sekedar  mempersiapkan diri dalam menghadapi UN yang nantinya akan menentukan masa depan masing-masing tapi justru bagaimana ketika mereka mampu untuk berkompetensi bersaing dengan siswa siswa sekolah lainnya. Bahkan beliau sering menegaskan bahwa sekolah itu bukan untuk ijazah melainkan mengejar skiil masing-masing.
Nah masikah kalian menganggap matematika itu membosankan????????

0 comments :